Skip to main content

Jasa Penyelenggara Tanda Tangan Elektronik di Jawa Tengah

Berdasarkan uraian katadata Perekonomian Kota Semarang, Jawa Tengah pada tahun 2017 mencapai Rp. 161,25 Triliun atau sebesar 13,7 % dari total PDB Provinsi Jawa Tengah yang mencapai Rp. 1.176,5 Triliun. Di era teknologi Informasi yang terus berkembang ini, kami yakin bahwa perkonomian di Kota Semarang akan semakin meningkat. Salah satu strategi yang bisa diterapkan dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas pekerjaan di lingkungan pemdakota Semarang yaitu dengan Pemanfaatan Tanda Tangan Elektronik. iNsign sebagai salah satu penyelenggara sistem elektronik di Indonesia siap memberikan layanan terbaik dalam Pemanfaatan tanda tangan elektronik tersebut.

Apa itu Tanda Tangan Elektronik?

Menurut UU ITE Nomer 11 Tahun 2008 bahwa Tanda tangan ELektronik merupakan tanda tangan yang terdiri atas Informasi Elektronik yang dilekatkan,terasosiasi atau terkait dengan informasi elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan authentikasi. Sebagai informasi elektronik, tanda tangan elektronik ini merupakan satu atau sekumpulan data elektronik, tidak terbatas pada tulisan, suara, gambar, peta, foto, electronic data interchange (EDI), surat elektronik (e-mail), telegram, huruf, tanda, angka, kode akses yang telah diolah serta dapat dipahami oleh orang yang mampu memahaminya. Tanda tangan elektronik harus terikat pada informasi elektronik lainnya yang merupakan hal pendukung dari dokumen elektronik itu sendiri.

Keuntungan Tanda Tangan Elektronik

Sebuah informasi dan dokumen elektronik harus memenuhi syarat minimum baik mencakup subyek dan obyeknya merupakan syarat suatu tanda tangan elektronik dianggap sah. Syarat subyektif mencakup penandatangan itu sendiri. Untuk menjadi Penyelenggara sistem Elektronik khususnya dalam bidang Tanda Tangan Elektronik harus membutuhkan sistem pengamanan yang mumpuni agar pihak lain tidak dapat menggunakannya untuk berbagai perbuatan yang bersifat melawan hukum.

Tanda tangan elektronik memerlukan sistem yang dapat dipertanggung jawabkan baik segi keamanan maupun informasi elektronik. Salah satu Penyedia Jasa Tanda Tangan Elektronik di Jawa Tengah iNsign memiliki sistem keamanan yang bisa mengidentifikasi siapa penandatangan agar dapat menentukan hak dan kewajiban subyektif. Sistem ini juga harus memiliki teknik tertentu untuk menunjukkan penandatangan memberikan persetujuan terhadap informasi elektronik tekait.

Penerapan Tanda Tangan Elektronik di Lingkungan Pemerintah

Di beberapa Lingkungan Pemerintahan saat ini sudah banyak yang menggunakan teknologi Tanda Tangan Elktronik. Menurut Kemenkominfo Tanda Tangan Elektronik dapat membantu PNS/ASN mencapai efisiensi pada masing-masing satuan sehingga mereka tetap fokus melakukan tugas tanpa terkendala urusan berkas admnistrasi karena sudah dilakukan secara digital.

Selain efisiensi Tanda Tangan ELektronik juga dapat hemat biaya karena sudah tidak perlu membeli kertas untuk arsip yang dibutuhkan. Sehingga tidak butuh anggaran pengajuan ke unit pelaksana teknis.

Dengan menunjuk BPPT dan BSSN Pemerintah telah siap melaksanakan Pemanfaatan Tanda tangan Elektronik ini di Jawa Tengah dan diseluruh Indonesia. iNsign sebagai partner BPPT saat ini juga siap memberikan dukungan dalam Penerapan Tanda Tangan Elektronik di Lingkungan Pemerintah.

Seluruh PNS di Indonesia saat ini tidak perlu khawatir dengan aspek keamanan tanda tangan elektronik karena sudah terjamin dan sulit dipalsukan melalui otentifikasi dan verifikasi aplikasi.

Sosialisasi Pemanfaatan Tanda Tangan Elektronik di Jawa Tengah

Langkah-langkah dalam mewujudkan Smart City di Lingkungan Pemerintahan di Jawa Tengah sudah dilakukan sosialisasi di beberapa daerah, salah satunya di Kabupaten Boyolali, dan Kota Pekalongan yaitu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah(BKP2D) akan kenalkan tanda tangan elektronik, dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan.

Sosialisasi ini merupakan salah satu wujud dari peningkatan kompetensi serta kualitas ASN yang mendukung gerakan menuju smart city di seluruh Provinsi Jawa Tengah dan dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, tanda tangan digital menjadi pendukungnya. Harapan dari sosilasi yang terus menerus dengan diimplementasikannya tanda tangan digital ini, pelayanan masyarakat dapat dipercepat, dipermudah, dan dipersingkat sehingga lebih efisien. Implementasi tanda tangan elektronik di lingkungan Pemkab di Jawa Tengah diharapkan juga supaya tidak ketinggalan jaman.

Dengan menggunakan Dokumen Digital untuk melakukan transaksi sehari-hari kita telah  beralih peran dalam ketergantungan pada dokumen kertas sehingga kita melindungi lingkungan dan menghemat sumber daya alam.

Tanda Tangan Elektronik mendukung perubahan ini dengan memberikan jaminan tentang validasi dan keaslian atas dokumen itu sendiri.

Konsultasi Lebih Lanjut

Kontak Kami Idkreasi

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *