Skip to main content

Manfaat Membiasakan Minum Teh Tanpa Gula

Apakah teman-teman sering minum teh manis? Mulai sekarang, coba biasakan minum teh tanpa gula, yuk! Dengan rutin minum teh bisa meningkatkan kesehatan tulang, konsentrasi, kemampuan memecahkan masalah, bahkan meningkatkan suasana hati.

Masih belum percaya..? Yuk kita baca artikel di bawah ini!

Manfaat Minum Teh Tanpa Gula

Minum teh memang dapat diminum kapan saja dan dimana saja, akan tetapi disarankan untuk diminum pada pagi hari, karena manfaatnya sangat banyak sekali untuk tubuh kita. Untuk mendapatkan manfaat teh, setidaknya kita harus membiasakan minum teh 3 sampai 5 kali per hari, tentunya tanpa campuran gula, susu, atau krimer.

Berikut ini 9 manfaatnya:

1. Membuat Tubuh Tidak Tegang 

Kandungan L-Theanin pada teh tawar dapat membuat tubuh menjadi lebih relaks . L-theanin juga memberikan manfaat lain, seperti meredakan stres, memperbaiki mood, dan meningkatkan fungsi otak. Hal ini tidak lepas dari manfaat kandungan L-theanin yang ada di teh dalam merelaksasi tubuh.

2. Menormalkan Kadar Gula Darah

Yang membuat kadar gula darah menjadi lebih mudah terkontrol yaitu kandungan polifenol yang ada pada beberapa jenis teh, seperti teh hijau, teh hitam, dan teh oolong, mampu meningkatkan sensitivitas insulin di tubuh. Polifenol yang terkandung di beberapa jenis teh juga bermanfaat untuk menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 serta mengendalikan penyakit diabetes.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Jenis teh yang bisa Anda konsumsi untuk melancarkan peredaran darah yaitu: Teh hijau, teh hitam, dan teh oolong.

Dengan Minum teh tawar secara rutin mampu memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Karena, kandungan polifenol di teh dapat mencegah terjadinya pembentukan plak di pembuluh darah. Hal ini juga membuat kita tidak mudah mengalami penyempitan pembuluh darah.

4. Menurunkan Kolesterol Jahat

Manfaat lain yang bisa diperoleh dari minum teh tawar adalah mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Teh Hitam dikenal bisa juga sebagai obat penurun kolestearol alami. Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi teh tawar secara rutin diperkirakan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh hingga 11%.

5. Mencegah Kanker

Kandungan polifenol dan antioksidan yang terdapat di teh diketahui mampu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Manfaat ini bisa diperoleh terutama dari teh hijau dan teh hitam.

Meski memiliki beragam manfaat, tetap perhatikan jumlah teh yang kita minum. Minum teh secara berlebihan berisiko menyebabkan kita mengalami efek samping dari kafein yang terkandung di dalamnya. Batas konsumsi teh yang dianjurkan adalah 2-3 cangkir sehari.

Jangan minum teh melebihi jumlah tersebut, terutama jika menderita sakit maag.

6. Meningkatkan Kewaspadaan

Minum dua sampai tiga cangkir teh hitam atau teh hijau selama 90 menit akan meningkatkan kewaspadaan, perhatian, dan fokus, serta membantu kita belajar dengan lebih baik.

Kombinasi dari asam amino yang disebut L-theanine dan kafein merangsang produksi gelombang otak alpha, memberikan kita lonjakan energi, tanpa disertai perasaan gelisah.

7. Membangun Tulang

Minum susu sudah lama diketahui sebagai salah satu cara untuk mencegah osteoporosis, tetapi teh hijau ternyata punya manfaat yang sama.

Kandungan polifenolnya meningkatkan produksi sel-sel pembangun tulang untuk orang dari segala usia, dan antioksidannya yang disebut flavanols membantu memperlambat keropos tulang.

8. Memicu Rasa Bahagia

Teh hitam dan teh hijau mungkin tidak termasuk dalam daftar yang membuat kita tersenyum, seperti ketika mendapat pujian dari atasan, atau membaca sebuah buku bagus.

Namun teh sebenarnya punya kemampuan itu. Kandungan L-theanine membantu menghasilkan hormon dopamin dan serotonin yang memberikan perasaan baik

9. Membantu Menyehatkan Jantung

Makanan yang berlemak seperti Burger, kentang goreng yang gurih memang menggiurkan.

Tetapi bisa jadi keduanya akan menjadi kombinasi yang buruk di dalam tubuh kita.

Nah, mengakhiri sesi makan dengan secangkir teh hitam ternyata dapat melawan efek makanan berlemak pada tekanan darah dan pembuluh arteri.

Teh hitam mengendurkan pembuluh darah, membantu darah mengalir lebih bebas, dan menurunkan tekanan darah.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *